• News

    11 May 2015

    Program Muhasabah SMPN 1 Ciamis




    PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
    DINASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
    SMP NEGERI 1 CIAMIS
    Jl. Jendral Sudirman No 6 Tlp. 0265-771078 Ciamis Provinsi Jawa Barat






     
    PROGRAM KERJA BUDAYA LINGKUNGAN
    MUHASABAH  SMPN 1 CIAMIS
    TAHUN PELAJARAN 2014/2015


    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang

    Era globalisasi merupakan era yang ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengubah dunia secara mendasar. Dalam era globalisasi tidak mengenal batas geografis antar Negara, karena batas tersebut tak mampu lagi membendung distribusi informasi yang makin beragam baik jenis maupun bentuknya. Kemudian adanya pagar-pagar budaya suatu bangsa akan semakin merapuh dalam menangkal datangnya kultur dari bangsa lain. Dari sinilah timbul suatu indikasi kompetisi antar manusia dan bangsa yang semakin tajam.
    Era yang sedang melanda bangsa Indonesia ini merupakan salah satu hegemoni dan pengaruh kekuasaan suatu negara atas bangsa lain yang bukan lagi pada aspek politiknya saja, akan tetapi pada aspek ekonomi, intelektual, sosial, budaya dan sains teknologi yang akan menumbuhkan nilai-nilai baru yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kultur bangsa Indonesia ataupun agama, sebagai contoh adalah merebaknya hedonisme yaitu pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup.
    Pandangan hidup yang bersifat hedonisme ini akan memberikan corak dalam berfikir, bersikap, dan berperilaku atau gaya hidup yang akan teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai institusi konservasi nilai, masyarakat menumpukan harapannya kepada agama untuk mengontrol dan mengantisipasi dinamika tersebut. Tanggung jawab konservasi nilai ini merupakan beban berat yang harus diemban oleh sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memiliki karakter dan sarat akan nilai religius. Tugas ini menjadi semakin berat dengan adanya fenomena demoralisasi yang semakin banyak terjadi dimasyarakat yang berimbas pada menurunnya moral para pelajar.
    Pentingnya pendidikan agama di sekolah adalah untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
    Mengembangkan konsep lingkungan sekolah berwawasan imtaq atau mengembangkan budaya religius adalah sekumpulan nilai-nilai agama yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikan oleh kepala sekolah, guru, petugas administrasi, peserta didik, dan masyarakat sekolah. Untuk itu diperlukan suatu kegiatan yang mampu mengintrospeksi diri yaitu muhasabah.
    Muhasabah Instropeksi Diri berarti introspeksi akan dirinya sendiri, menghitung diri dengan amal yang telah dilakukan dari masa-masa yang telah lalu. Manusia yang beruntung adalah manusia yang tahu akan dirinya sendiri. Dan manusia beruntung akan selalu mempersiapkan dirinya untuk kehidupan kelak yang abadi di yaumul akhir di akhirat yang pasti adanya.
    Dengan melaksanakan muhasabah, seorang hamba akan selalu menggunakan setiap waktu dari detik, menit, jam dan harinya serta keseluruhan jatah umur kehidupannya di dunia dengan sebaik-baiknya demi meraih keridhoan Allah Ta'ala. Dengan melakukan penuh akan perhitungan baik itu dalam hal amal ibadah yang wajib dan sunnah. Serta juga muhasabah terhadap amalan sholeh amalan kebaikan yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat secara sosial dan kehidupannya sebagai seorang hamba kepada Allah Sang Khalik. Allah SWT memerintahkan hamba untuk selalu mengintrospeksi dirinya bermuhasabah diri dengan meningkatkan keimanan serta ketakwaannya kepada Allah Ta'ala.

    B.     Definisi Operasional
     Muhasabah berasal dari akar kata hasiba yahsabu hisab, yang artinya secara etimologis adalah melakukan perhitungan. Dalam terminologi syari, makna definisi pengertian muhasabah adalah sebuah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya.
    Dalam bahasa Arab, kata muhasabah adalah bentuk jamak dari kata muhasaba yang berasal dari kata hisab yang artinya perhitungan atau hasaba yang artinya menghitung. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata muhasabah diartikan sebagai introspeksi. Sedangkan kata introspeksi diartikan sebagai peninjauan atau koreksi terhadap (perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan, dsb) diri sendiri.
    Pada dasarnya bermuhasabah itu sendiri tidak hanya mengingat dan menyesali semua kesalahan dan dosa yang telah diperbuat, tetapi juga mengingat dan mensyukuri segala nikmat dan kebaikan apa yang telah kita perbuat guna untuk terus meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan kita. Jadi, MUHASABAH itu tidak hanya mengingat dan berintrospeksi diri dari segala kesalahan dan dosa yang telah diperbuat tapi juga mengingat kebaikan apa yang telah kita perbuat guna memacu keinginan untuk melakukan lebih banyak kebaikan. Jadi dengan kata lain muhasabah itu merupakan alat untuk menguji kesadaran.
    MUHASABAH adalah Pemeriksaan bathin dengan jujur dan seksama dengan tujuan untuk lebih mengenal diri sendiri baik itu mengenai kekuatan maupun kelemahan yang datang dari dalam diri sendiri maupun yang datang dari luar.

    C.    Dasar Pelaksanaan
    1.       Al Qur’an Surat al Zalzalah (99): 7-8
    فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهُ وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّايَّرَهُ
    Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula.” [Q.S. al Zalzalah (99): 7-8]
    2.       Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS.Al-Hasyr (59):18).
    3.       Hadits Nabi SAW
    إِنَّ الْمُتـَّقـِيْنَ فِيْ جَنّـتٍ وَعُيُوْنٍ ۚ ءَاخِذِيْنَ مَآءَاتَىــهُمْ رَبـُّهُمْ  إِنــَّهُمْ كَانــُوْا قَبْلَ ذلِكَ مُحْسِنِيْنَ ۚ كَانــُوْا قَلِيْلاً مِّنَ الَّيْلِ مَا يَهْجَعُوْنَ ۚ وَبــِالأَسْحَارِ هُمْ يَسْتـَغْفِرُوْنَ.
    “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar. (QS. al-Dzaariyaat: 15-18)
    4.       “Dari Syadad bin Aus r.a, dari Rasulullah SAW, bahwa beliau berkata, “Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan- angan terhadap Allah SWT”. (HR. Imam Tarmidzi)

    5.       Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
    6.       Hasil Rapat dewan guru dan komite sekolah tentang pelaksanaan Muhasabah di SMP Negeri 1 Ciamis
    7.       Surat Tugas dari Kepala Sekolah Tentang Pembimbing Kegiatan Muhasabah diri bagi peserta didik.

    D.    Tujuan Pelaksanaan
    1.      Tujuan Umum
    Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan yang komprehensif dan progresif dalam diri siswa, guru dan seluruh warga sekolah, terhadap pentingnya instrospeksi diri dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Alloh SWT.
    2.    Tujuan Khusus
    a.       Dengan bermuhasabah diri, maka diri setiap muslim akan bisa mengetahui akan aib serta kekurangan dirinya sendiri. Baik itu dalam hal amalan ibadah, kegiatan yang memberikan manfaat untuk banyak manusia. Sehingga dengan demikian akan bisa memperbaiki diri apa-apa yang dirasa kurang pada dirinya.
    b.      Dalam hal ibadah, kita akan semakin tahu akan hak kewajiban kita sebagai seorang hamba-Nya dan terus memperbaiki diri dan mengetahui hakekat ibadah bahwasannya manfaat hikmah ibadah adalah demi kepentingan diri kita sendiri. Bukan demi kepentingan Allah Ta'ala. Karena kita lah manusia yang lemah dan penuh dosa yang memerlukan akan pengampunan dosa-dosa kita yang banyak.
    c.       Mengetahui akan segala sesuatu baik itu kecil maupun besar atas apa yang kita lakukan di dunia ini, akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akherat. Inilah salah satu hikmah muhasabah dalam diri setiap manusia.
    d.      Membenci hawa nafsu dan mewaspadainya. Dan senantiasa melaksanakan amal ibadah serta ketaatan dan menjauhi segala hal yang berbau kemaksiatan, agar menjadi ringan hisab di hari akhirat kelak.

    E.     Target
    1.      Target Umum
    Terciptanya pemahaman yang komprehensif terhadap ajaran agama yang mampu di tempatkan pada tataran praktek dengan berperilaku yang baik (akhlak al karimah) baik terhadap sesama siswa maupun terhadap lingkungan sosial.

    2.      Target Khusus
    Terciptanya pemahaman yang progressif terhadap ajaran agama islam baik pada aspek ibadah ataupun muamalah (soaial kemasyarakatan).

    F.      Manfaat Pelaksanaan
    1.      Manfaat bagi siswa
    a.       Membantu terciptanya pemahaman yang komprehensif terhadap ajaran agama yang mampu di tempatkan pada tatanan praktek dengan berperilaku yang baik (akhlakul karimah) baik terhadap sesama siswa maupun terhadap lingkungan sosial.
    b.      Mendapatkan pengetahuan tentang tata cara beribadah yang baik.
    c.       Memperoleh pengalaman dengan menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa.
    2.      Manfaat Bagi Guru
    a.       Memfasilitasi guru dalam melakukan penilaian sikap religius peserta didik terhadap Allah SWT.
    b.      Memfasilitasi guru dalam melakukan penilaian sikap sosial peserta didik.
    c.       Manfaat bagi masyarakat
    Membaantu terciptanya pemahaman yang progressif terhadap ajaran agama islam baik pada aspek ibadah ataupun muamalah (sosial kemasyarakatan).

    2.      SASARAN KEGIATAN
    Seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9 SMP Negeri 1 Ciamis Kabupaten Ciamis yang beragama Islam pada tahun ajaran 2014/2015.


    BAB II
    PELAKSANAAN KEGIATAN


    A.      PENYELENGGARAAN
    WAKTU
    Rencana Pelaksanaan kegiatan Muhasabah
    1.      Semester 1.
    NO
    KELAS
    WAKTU PELAKSANAAN
    KETERANGAN
    1
    KELAS VII
    18 Oktober 2014
    Menginap
    2
    KELAS IX
    27 Oktober 2014
    Menginap
    3
    KELAS VIII
    1 Nopember 2014
    Menginap
    4
    KELAS VII
    8 Nopember 2014
    Menginap
    5
    KELAS VIII
    29 Nopember 2014
    Menginap

    2.      Semester 2
    NO
    KELAS
    WAKTU PELAKSANAAN
    KETERANGAN
    1
    KELAS IX
    14 Pebruari 2015
    Menginap
    2
    KELAS VII
    14 Maret 2015
    Menginap
    3
    KELAS VIII
    2 April 2015
    Menginap
    4
    KELAS IX
    30 April 2015
    Menginap

    B.       TEMPAT PELAKSANAAN
    Tempat pelaksanaan kegiatan dipusatkan di Masjid AN-NUR SMP Negeri 1 Ciamis dan di kelas masing-masing sesuai dengan Acara yang dilaksanakan sebagai berikut:

    No
    Kegiatan
    Tempat Kegiatan
    Petugas
    1
    Cek In
    SMP Negeri 1 Ciamis
    Guru Agama dan Wali kelas
    2
    Shalat Maghrib
    Masjid An-Nur
    Guru Agama
    3
    Pengajian/Tausiah
    Masjid An-Nur
    Guru Agama
    4
    Shalat Isya
    Masjid An-Nur
    Guru Agama
    5
    Makan
    Kelas Masing-masing
    Wali Kelas
    6
    Pembinaan dari Kepala Sekolah
    Masjid An-Nur
    Kepala Sekolah
    7
    Dialog dengan wali kelas
    Kelas Masing-masing
    Wali Kelas
    8
    Tidur
    Masjid Dan Aula
    Wali Kelas dan Pembimbing
    9
    -          Shalat Tahajud
    -          Wirid
    -          Mengaji
    -          Shalat Subuh
    Masjid An-Nur
    Guru Agama, Wali Kelas dan Pembimbing
    10
    Penutupan dan Persiapan Pulang
    SMP Negeri 1 Ciamis
    Semua Petugas

    Keterangan:
    Tempat Tidur
    a.        Untuk siswa putri di Aula SMP Negeri 1 Ciamis dengan pendamping Ibu Wali Kelas dan pembimbing lainnya.
    b.      Untuk siswa putra di Masjid AN-NUR SMP Negeri 1 Ciamis dengan pendamping Bapak Kepala Sekolah, Bapak Wakil Kepala Sekolah, Bapak Wali Kelas,  serta pembimbing lainnya

    C.      PESERTA
    Kegiatan Muhasabah dilaksanakan dengan peserta sesuai tingkatan kelas dengan rincian sebagai berikut:

    No
    Kelas
    Jenis Kelamin
    Jumlah
    1.
    VII
    Laki-laki
    135
    Perempuan
    159
    2.
    VIII
    Laki-laki
    144
    Perempuan
    178
    3.
    IX
    Laki-laki
    117
    Perempuan
    143

    Total

    876


    D.      ALOKASI WAKTU/JADWAL KEGIATAN
    No
    Waktu
    Kegiatan
    Tempat Kegiatan
    Petugas
    1
    17.00 – 18.00
    Cek In
    SMP Negeri 1 Ciamis
    Guru Agama dan Wali kelas
    2
    18.00 – 19.20
    Shalat Maghrib
    Masjid An-Nur
    Guru Agama
    3
    18.20 – 19.30
    Pengajian/Tausiah
    Masjid An-Nur
    Guru Agama
    4
    19.30 – 20.00
    Shalat Isya
    Masjid An-Nur
    Guru Agama
    5
    20.00 – 20.30
    Makan
    Kelas Masing-masing
    Wali Kelas
    6
    20.30 – 21.30
    Pembinaan dari Kepala Sekolah
    Masjid An-Nur
    Kepala Sekolah
    7
    21.30 – 22.30
    Dialog dengan wali kelas
    Kelas Masing-masing
    Wali Kelas
    8
    22.30 – 03.00
    Tidur
    Masjid Dan Aula
    Wali Kelas dan Pembimbing
    9
    03.00 – 04.30
    -          Shalat Tahajud
    -          Wirid dan Mengaji
    -          Shalat Subuh
    Masjid An-Nur
    Guru Agama, Wali Kelas dan Pembimbing
    10
    04.30 – 06.00
    Penutupan dan Persiapan Pulang
    SMP Negeri 1 Ciamis
    Semua Petugas






    Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Muhasabah Semester 1 Dan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015


    E.     KEPANITIAAN
    Kegiatan ini dilaksanakan oleh guru dan karyawan SMP Negeri 1 Ciamis, dengan struktur pembagian tugas kepanitiaan Sebagai Berikut.
    No
    Nama
    NIP
    Jabatan
    1
    Dr. Agus Sumantri, M.Pd
    1963 0626198403 1008
    Kepala Sekolah/ Penanggung Jawab
    2
    Amar, S.Pd. M.Pd
    1968 1105199103 1003
    Wakasek/ Wakil Penjab
    3
    Drs. Nana Sulriana
    1964 0225199802 1001
    Penjab Program
    4
    Sali Rohili.S.Pd
    1959 0503198703 1004
    Ketua

    Tata Bahtiar.S.Ag
    1969 0404200604 1002
    Sekretaris
    5
    Ida Rosidah.S.Pd
    1960 0611198703 2002
    Bendahara
    6
    Dadang M Rochlik.S.Pd
    1966 1021200312 1002
    Pembimbing dari Penjab
    7
    Sudarman.S.Pd
    1971 0501199402 1002
    Pembimbing dari Penjab
    8
    Yaya Zakaria.S.Pd.M.Pd
    1967 0213198903 1007
    Pembimbing dari Penjab
    10
    Cucu Muharam.S.Pd
    1970 0321201408 1002
    Wali Kelas VIII A
    11
    Tjutju Supriatin, BA
    1957 0919198203 2007
    Wali Kelas VIII B
    12
    Sumardiani, S.Pd
    1968 0305198903 2004
    Wali Kelas VIII C
    13
    Drs. Komarudin
    1958 1203198603 1008
    Wali Kelas VIII D
    14
    Emin Karminah, S.Pd
    1968 0108199002 2004
    Wali Kelas VIII E
    15
    Wiwin Harmila, S.Pd
    1966 0514198902 2002
    Wali Kelas VIII F
    16
    Aep Saepulloh, S.Pd
    1967 1011199412 1005
    Wali kelas VIII G
    17
    Dra. Lilim Halimah
    1964 1110199412 2002
    Wali Kelas  VIII H
    18
    Eti Suhartati, S.Pd
    1960 0515198603 2006
    Wali Kelas VIII I
    19
    Hj. Listiawati, S.Pd
    1958 1116198603 2003
    Pembimbing dari BK
    20
    Eroh Rohaeti
    -
    Konsumsi
    21
    Odi Rosdian
    -
    Perlengkapan
    22
    Tatang
    -
    Perlengkapan
    23
    Yayat Nurhidayat
    -
    Pembantu Pelaksana
    Keterangan : Kepanitaan setiap kegiatan pertingkat kelas  berubah sesuai dengan kebutuhan dan surat tugas Kepala Sekolah.

    F.     SUMBER DANA
    Biaya pelaksanaan kegiatan Pesantren Kilat dan Pengajian Akbar ini berasal dari:
    a.       BOS Propinsi dan Bos Pusat
    b.       Shodaqah yang tidak mengikat.

    G.    RENCANA ANGGARAN BIAYA
    1.      Penerimaan
    Semester 1:
    Dana BOS Propinsi Setiap kegiatan                                                   Rp. 1.500.000,-
    Total anggaran 5 keg. x Rp. 1.500.000                                               Rp. 7.500.000,-
    Semester 2:    
    Dana BOS Pusat Setiap kegiatan                                                       Rp. 1.500.000,-
    Total anggaran 4 keg. x Rp. 1.500.000                                               Rp. 6.000.000,-
    2.      Pengeluaran
    Rencana Rincian Pengeluaran Tiap Kegiatan (Rp. 1.500.000,-) adalah sebagai berikut:
    a.       Honor Pembimbing                                                                       Rp. 1.125.000,-
    b.      Konsumsi                                                                                      Rp.    375.000,-
    Jumlah                                                                                         Rp. 1.500.000,-

    H.    FASILITAS
    Fasilitas pelaksanaan kegiatan Muhasabah   ini adalah semua fasilitas milik SMP Negeri 1 Ciamis.

    I.       METODE DAN MODEL KEGIATAN
    ·         Metode           : Ceramah, diskusi dan tanya jawab.
    ·         Model             : PBL (problem Based Learning)


    BAB III
    PENUTUP


    Demikian Program kegiatan ini kami buat, semoga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai pedoman oleh semua pihak yang terkait baik secara langsung ataupun tidak langsung dalam pelaksanaan kegiatan Muhasabah di SMP Negeri 1 Ciamis. Dengan harapan bahwa apa yang menjadi tujuan rencana kegiatan ini dapat tercapai dengan baik dan dengan dibarengi niat yang tulus dan ikhlas mengharap ridho Allah SWT. Amiin.



    Penjab Program





    Drs. NANA SULRIANA
    Nip. 196402251998021001

    Ketua,





    SALI ROHILI, S.Pd.
    Nip. 195905031987031004

    Mengetahui/Menyetujui

    Kepala SMPN 1 Ciamis





    Dr. AGUS SUMANTRI, M.Pd.
    Nip. 196306261984031008







    LAMPIRAN 1:
    TATA TERTIB
    MUHASABAH SMP NEGERI 1 CIAMIS

    1.       Seluruh siswa wajib datang tepat waktu.
    2.       Membawa perlengkapan sholat, pakaian tidur, alat mandi dan alat keperluan lainnya
    3.       Seluruh siswa wajib membawa al-Quran
    4.       Seluruh siswa wajib menjaga ketenangan ruangan selama penyajian materi dan aktivitas Muhasabah  berlangsung.
    5.       Seluruh siswa dilarang bercanda, mengobrol, bermain-main, mengantuk dan tidur selama kegiatan berlangsung.
    6.       Seluruh siswa wajib minta izin kepada guru/panitia bila ingin meninggalkan kegiatan
    7.       Seluruh siswa wajib izin bila berhalangan hadir lantaran, sakit, pulang atau yang lainnya
    8.       Tidak meninggalkan kegiatan sebelum waktu selesai
    9.       Berpakaian yang suci, bersih dan rapi sesuai peraturan yang berlaku di SMP Negeri 1 Ciamis
    10.   Mengisi absensi kehadiran .
    11.   Melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan yang telah telah ditentukan.



    LAMPIRAN 2:
    Surat Pemberitahuan Kepada Orang Tua


    PEMERINTAH KABUAPATEN CIAMIS
    DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
    SMP NEGERI 1 CIAMIS
    JL. Jendral Sudirman No. 6 ( ( 0265 ) 771078 Ciamis
    Website : www.smpn1ciamis.sch.id                 e-mail : nesacis@smpn1ciamis.sch.id
     

    No       :  421.3/              -SMPN.01 Ciamis/2015                   Ciamis, .................... 2015
    Sifat    : Penting
    Lamp   : -.-
    Hal      : Pemberitahuan Muhasabah

                                                                                                    Kepada
    Yth. Orang Tua/Wali Siswa Kelas.........
                                                                                 SMP Negeri 1 Ciamis
                                                                                                      di
                                                               Ciamis

    Assalamualaikum Wr.Wb,
    Disampaikan dengan hormat, bahwa dalam rangka melaksanakan program kesiswaan bidang Peningkatan Iman dan Taqwa dalam bentuk kegiatan Muhasabah maka kepada orang tua siswa kelas ........., mohon untuk mengijinkan putra/putrinya mengikuti kegiatan tersebut yang Insya Alloh akan dilaksanakan pada :

    Hari                 :
    Tanggal           :
    Waktu :
    Tempat            : Kampus SMP Negeri 1 Ciamis

    Untuk kegiatan tersebut peralatan yang harus dibawa sebagai berikut :
    1. Perlengkapan Shalat
    2. Perbekalan untuk makan
    3. Alas tidur ( tikar, karpet kecil )
    4. Obat-obatan yang memiliki penyakit khusus
    Demikian surat pemberitahuan ini dibuat, atas partisipasi dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

    Wassalamualaikum Wr.Wb


               Kepala Sekolah,



    ................................................................
     

                                                                                                                  
    LAMPIRAN 3
    Contoh Surat Perintah Tugas
     

    PEMERINTAH KABUAPATEN CIAMIS
    DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
    SMP NEGERI 1 CIAMIS
    JL. Jendral Sudirman No. 6 ( ( 0265 ) 771078 Ciamis
    Website : www.smpn1ciamis.sch.id               e-mail : nesacis@smpn1ciamis.sch.id
     


    SURAT PERINTAH TUGAS
                                                      No : 800/284 -SMPN.01 Ciamis/2015

    Yang bertandatangan di bawah ini :
    Nama                           : Dr. AGUS SUMANTRI, M.Pd.
    NIP                             : 19630626 198403 1 008
    Pangkat / Golongan    : Pembina Utama Muda (IV/c)
    Jabatan                                    : Kepala SMP Negeri 1 Ciamis

    MENUGASKAN
    No
    Nama
    NIP
    Jabatan
    1
    Dr. Agus Sumantri, M.Pd
    1963 0626198403 1008
    Kepala Sekolah
    2
    Amar, S.Pd. M.Pd
    1968 1105199103 1003
    Wakasek
    3
    Yaya Zakaria.S.Pd.M.Pd
    1967 0213198903 1007
    Penjab Tendik
    4
    Sudarman.S.Pd
    1971 0501199402 1002
    Penjab Standar Isi
    5
    Drs. Nana Sulriana
    1964 0225199802 1001
    Penjab Budaya Lingkungan
    6
    Dadang M Rochlik.S.Pd
    1966 1021200312 1002
    Penjab SKL Akademik
    7
    Ida Rosidah.S.Pd
    1960 0611198703 2002
    Pembimbing Keagamaan
    8
    Tata Bahtiar.S.Ag
    1969 0404200604 1002
    Pembimbing Keagamaan
    9
    Sali Rohili.S.Pd
    1959 0503198703 1004
    Penjab Pengelolaan
    10
    Cucu Muharam.S.Pd
    1970 0321201408 1002
    Wali Kelas VIII A
    11
    Tjutju Supriatin, BA
    1957 0919198203 2007
    Wali Kelas VIII B
    12
    Sumardiani, S.Pd
    1968 0305198903 2004
    Wali Kelas VIII C
    13
    Drs. Komarudin
    1958 1203198603 1008
    Wali Kelas VIII D
    14
    Emin Karminah, S.Pd
    1968 0108199002 2004
    Wali Kelas VIII E
    15
    Wiwin Harmila, S.Pd
    1966 0514198902 2002
    Wali Kelas VIII F
    16
    Aep Saepulloh, S.Pd
    1967 1011199412 1005
    Wali kelas VIII G
    17
    Dra. Lilim Halimah
    1964 1110199412 2002
    Wali Kelas  VIII H
    18
    Eti Suhartati, S.Pd
    1960 0515198603 2006
    Wali Kelas VIII I
    19
    Hj. Listiawati, S.Pd
    1958 1116198603 2003
    BK
    20
    Eroh Rohaeti
    -
    Konsumsi
    21
    Odi Rosdian
    -
    Perlengkapan
    22
    Tatang
    -
    Perlengkapan
    23
    Yayat Nurhidayat
    -
    Pembantu Pelaksana
    Untuk membimbing siswa dalam kegiatan Keagamaan (Muhasabah) yang dilaksanakan pada :
    Hari                 : Kamis – Jum’at
    Tanggal           : 02 – 03 April 2015
    Waktu             : Cek In Sabtu pkl. 17.00 WIB
                              Cek Out Minggu pkl. 06.00 WIB
    Tempat            : Kampus SMP Negeri 1 Ciamis
    Demikian surat tugas ini dibuat untuk dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.



    Ciamis, 2 April 2015
    Kepala Sekolah,




    Dr. AGUS SUMANTRI, M.Pd.
    NIP. 19630626 198403 1 008


    LAMPIRAN 5:
    Contoh Permohonan Ajuan Anggaran



    PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
    DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
    SMP NEGERI 1 CIAMIS
    Jalan Jenderal Sudirman No.6 Telp.(0265) 771078 Ciamis
     www.smpn1Ciamis.sch.id E-mail : nesacis@smpn1Ciamis.sch.id
     


    PERMOHONAN ANGGARAN  PENINGKATAN KEAGAMAAN

    NAMA KEGIATAN              :   Muhasabah Kelas ...........................
    TUJUAN KEGIATAN          :   Meningkatkan Keagamaan
    PENANGGUNG JAWAB      :   ..........................................................
    Waktu Kegiatan                     :   ...........................................................
    SUMBER ANGGARAN         :   BOS Pusat No MA .............................
    NO
    URAIAN KEGIATAN
    VOLUME
    VOLUME/SATUAN
    BESAR BIAYA

    KETERANGAN
    1


     Muhasabah Kelas ...............

    1 Kegiatan





    Jumlah

     Rp. .........



    Mennyetujui,
    Kepala SMP Negeri 1 Ciamis



      ...................................................................


    Ciamis, ......................... 2015
     Penanggungjawab Budaya Lingkungan




    ...................................................
                                                                                       



    No comments:

    Tautan

    Budaya dan Lingkungan

    Info Sekolah