• News

    25 May 2015

    PROGRAM PERPISAHAN TAHUN 2015


    PROGRAM PERPISAHAN DAN PELEPASAN SISWA KELAS IX
    SMP NEGERI 1 CIAMIS TAHUN PELAJARAN 2014/2015 

    BAB I

    PENDAHULUAN


    1.1    LATAR BELAKANG
    Pada hakikatnya pendidikan itu adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, sekolah dan masyarakat (yang disebut dengan tri pusat pendidikan). Selaras dengan perkembangan tuntutan terhadap kualitas pelayanan dan hasil pendidikan, maka sudah selayaknya setiap komponen melakukan reposisi  yang mengarah kepada aspirasi dan apresiasi dalam bentuk partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan sekolah yang berkualitas.
    Partisipasi masyarakat dalam konteks peningkatan mutu sekolah secara universal adalah “Kerjasama yang erat antara perencana dan masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan, melestarikan dan mengembangkan hasil pembangunan yang telah dicapai” .
    Guna mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, secara sinergi perlu diadakan aktivitas melalui  interaksi yang dinamis dan proporsional. Aktivitas dalam suasana partisipasi, paling tidak harus memenuhi legalitas dari instansi yang berwenang agar para pelaku secara legal formal dapat terlindungi secara hukum, Dalam konteks ini, setiap program sekolah dalam pelaksanaannya melibatkatkan pemerintah, masyarakat (orang tua siswa dan tokoh masyarakat).
    Sebagai langkah akuntanbilitas (pertanggungjawaban) yang harus dilakukan sekolah terhadap keberhasilan program yang telah dilaksanakan dalam bentuk laporan pendidikan berupa prestasi akademik/non-akademik yang telah dicapai, baik kepada pemerintah, orang tua siswa dan masyarakat), maka dilaksanakan suatu kegiatan evaluasi belajar secara teratur sustainable (yang dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran) yang dimanifestasikan dalam bentuk “Program Perpisahan/Pelepasan dan Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas IX”.
    Secara eksplisit program ini ditujukan untuk 1) Mengumumkan hasil prestasi akademik dan non akademik siswa kelas IX yang sudah melaksanakan proses pembelajaran selama tiga tahun di SMP 2) Melepas siswa kelas IX yang telah dinyatakan lulus ujian 3) Memperlihatkan adanya peningkatan mutu peserta didik dan mutu sekolah secara holistic dan komprehensif, 4) Pertanggungjawaban penyelenggaran pendidikan selama satu pelajaran kepada orang tua dan masyarakat dan 5) Evaluasi kinerja, program dan prestasi yang telah dilaksanakan.
    Pada kegiatan ini akan diisi oleh berbagai acara diantaranya yaitu laporan hasil program yang telah dilaksanakan sekolah selama satu tahun pelajaran.Berdasarkan hasil laporan tersebut, diharapkan pemerintah dapat memberikan penghargaan (reward) kepada sekolah, sehingga dapat dijadikan faktor pendorong bagi sekolah untuk terus meningkatkan kinerjanya di masa yang akan datang. Sebaliknya, apabila program tersebut belum berhasil, maka pemerintah perlu memberikan koreksi objektif atas kinerja sekolah yang dianggap belum memenuhi standar pendidikan yang telah ditetapkan dan selanjutnya memberikan umpan balik bagi kepentingan peningkatan kinerja sekolah.
    Demikian pula para orang tua dan anggota masyarakat dapat memberikan penilaian apakah program tersebut dapat meningkatkan prestasi anak didik dan kinerja sekolah secara keseluruhan atau tidak. Jika berhasil, orang tua dan masyarakat perlu memberikan semangat dan dorongan untuk peningkatan program-program di masa yang akan datang. Jika belum berhasil, maka orang tua dan masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban dan penjelasan kepada sekolah.
    Kegiatan perpisahan ini berupa pentas seni dalam rangka perpisahan kelas IX di SMP Negeri 1 Ciamis dilakukan secara rutin setiap tahun. Acara tersebut menjadi salah satu ajang untuk berkreasi dalam bidang kesenian, kemahiran bersastra, dan kemampuan berbahasa resmi. Di samping itu, acara perpisahan ini juga menjadi salah satu cara siswa melatih mental untuk tampil di muka umum sehingga diharapkan muncul karakter percaya diri terhadap kemampuan dirinya, kebanggaan, kerja sama, tanggung jawab, dan semangat persatuan dan kesatuan. Sebagai salah satu kegiatan yang ditunggu oleh seluruh warga sekolah, acara perpisahan ini harus dipersiapkan sebaik mungkin. Persiapan tersebut dilakukan agar kualitas acara semakin lama semakin baik. Di samping itu, acara yang ditampilkan layak tonton sehingga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan di samping fungsi utamanya sebagai sarana belajar untuk menimbulkan karakter positif.
    1.2    Cakupan kegiatan
    Pada hakekatnya, kegiatan ini ditujukan untuk mendeskripsikan prestasi yang dihasilkan dari proses pembelajaran yang diharapkan dapat memberikan makna pada upaya peningkatan mutu dan prestasi sekolah. Secara eksplisit ruang lingkup kegiatan ini meliputi:
    1.       Kegiatan Inti
    1)      Laporan prestasi akademik dan non akademik
    2)      Laporan pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan (termasuk kegiatan belajar mengajar, proses dan strategi pembelajaran, program-program sekolah dan manajemen sekolah
    3)      Perpisahan siswa kelas IX
    2.      Kegiatan hiburan
    Kegiatan ini merupakan pengembangan dari kurikulum tingkat satuan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi sekolah dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengapresiasikan dan mengekspresikan kemampuan, minat, bakat dan potensi peserta didik yang dimanifestasikan dalam bentuk kreasi seni dan budaya, diantaranya:
    1)      Seni Musik
    Pementasan seni musik bertujuan untuk mengapresiasikan dan mengekspresikan seni music baik lagu daerah/tradisional, nasional atau manca negara secara perseorangan ataupun kelompok.
    2)      Seni Tari
    Pementasan seni tari bertujuan untuk mengapresiasikan dan mengekspresikan karya seni tari baik tunggal(perorangan ) atau berpasangan (kelompok) terhadap keunikan seni tari daerah/tradisional, nasional atau manca negara
    3)      Seni Teater
    Pementasan seni teater bertujuan untuk mengapresiasikan dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral baik seni teater daerah/tradisional, Nasional atau manca Negara.
    1.3    Tujuan dan Maksud
    1.      Tujuan
    Secara eksplisit kegiatan ini bertujuan untuk:
    1)      Melepas siswa kelas IX yang telah dinyatakan lulus ujian
    2)      Meningkatkan mutu peserta didik dan mutu sekolah secara holistic dan komprehensif,
    3)      Akuntabilitas penyelenggaran pendidikan selama satu pelajaran kepada pemerintah orang tua dan masyarakat dan
    4)      Evaluasi kinerja, program dan prestasi (akademik dan non akademik) yang telah dilaksanakan.
    5)      Mengapresiasikan dan mengekspresikankegiatan ekstrakurikuler guna mengembangkan kebutuhan, minat, bakat dan potensi peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan sekolah.
    2.      Maksud
    Secara imlisit kegiatan ini mempunyai maksud tertentu, diantaranya:
    1.      Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
    2.      Mengembalikan peserta didik kepada orang tua dan masyarakat
    3.      Merefleksi dan mengevaluasi tentang kelebihan dan kekurangan sekolah secara holistic dan komprehensif selam tiga tahun pelajaran
    4.      Mendeskripsikan dan mempromosikan program-program sekolah yang dinilai layak dan berhasil kepada pemerintah, orang rua siswa dan masyarakat.
    5.      Exhibisi dari kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk pentas kreasi seni dan budaya




    BAB II

    TINJAUAN UMUM
    2.1.   Landasan Rasional
               Pelaksanaan kegiatan ini bertitik tolak pada akuntabilitas penyelenggaraan sekolah dan kreasi seni dan budaya yang dijadikan sebagai acuannya. Pada umumnya perpisahan siswa kelas IX dapat diartikan sebagai proses pelepasan siswa kelas IX setelah menempuh masa pendidikan selama tiga tahun dan dinyatakan lulus, kemudian  dikembalikan kepada orang tua masing-masing.
                 Kegiatan ini ditujukan juga untuk mempertanggungjawabkan segala bentuk penyelenggaraan sekolah kepada pemerintah, orang tua dan masyarakat, baik dari egi kegiatan/program, prestasi dan kinerja sekolah.
    Lahirnya suatu kegiatan yang dijadikan sebagai program sekolah tidak terlepas dari peran seta masyarakat dan pemerintah dalam konteks peningkatan mutu sekolah yang dijabarkan dalam manajemen berbasis sekolah (school based management), yaitu “Kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk melakukan aktivitas dan turut serta mengambil keputusan suatu program pendidikan di sekolah secara professional yang dilandasi kesepakatan”.
    Selain itu, program ini merupakan pengembangan Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang beragam dan mengacu kepada  Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan Pendidikan Nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas Standar Isi, Proses, Pengelolaan, Kompetensi Lulusan, Tenaga Kependidikan, Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, dan Standar Penilaian Pendidikan. Dua dari delapan standar, yaitu Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum yang pada akhirnya melahirkan program “Perpisahan/Pelepasan Siswa Kelas IX”
    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pemelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi peserta didik, satuan pendidikan dan daerah. Mengacu pada ketentuan tersebut, maka program perpisahan diselenggarakan di SMP Negeri 1 Ciamis yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada.


    2.2.   Program Perpisahan Siswa kelas IX
    Untuk mengakomodir aspirasi, harapan dan kebutuhan peserta didik, maka konsekuensi logisnya adalah perlu diadakan suatu kegiatan yang dapat mengapresiasikan dan mengekspresikan kemampuan, minat, dan bakat peserta didik. Salah satu upaya yand dilakukan adalah dengan mengadakan program :Perpisahan siswa Kelas IX.
    Program ini lebih dikenal dengan istilah “Perpisahan Sekolah”. Kegiatan ini merupakan tradisi akademik yang lazim dilaksanakan oleh setiap jenjang pendidikan, baik SD, SMP/MTs, SMA/SMK bahkan perguruan tinggi. Pada perkembangan selanjutnya, kegiatan ini sering diisi dengan berbagai acara pertunjukan dan pementasan kreasi seni & budaya yang difasilitasi oleh sekolah diantaranya adalah hal-hal sebagai berikut:
    1)      Penyelenggaraan pendidikan merupakan suatu proses yang di dalamnya terdapat berbagai unsur termasuk program, evaluasi dan kinerja sekolah yang harus dipertanggungjawabkan kepada pemerintah, orang tua dan masyarakat.
    2)      Out put  dari  hasil pendidikan adalah sejumlah prestasi (baik prestasi akademik/nonakademik) yang perlu disampaikan sebagai hasil dari proses kegiatan pembelajaran dan hasil kinerja sekolah yang mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotor.
    3)      Hasil dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dapat diapresiasikan dalam bentuk pementasan kreasi seni dan budaya, baik seni tari, seni musik maupun seni teater.






    BAB III

    KETENTUAN UMUM DAN TATA TERTIB

    3.1  Ketentuan Umum
    1.        Nama Kegiatan
    Nama Kegiatan ini adalah Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas IX Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 1 Ciamis
    2.        Tema Kegiatan
    Tema perpisahan dan pelepasan adalah ‘Raih Cita-cita dan Prestasi yang Tinggi Sambut Globalisasi dengan Penuh Semangat’.
    3.         Penyelenggara
    Penyelenggara Kegiatan adalah Satuan Pendidikan Formal yaitu SMP Negeri 1 Ciamis
    4.        Biaya Kegiatan
    Sumber dana untuk pembiayaan kegiatan ini adalah dari dana komite sekolah yang tercantum dalam RKAS tahun tahun pelajaran 2014/2015, sebesar Rp.20.000.000,-“ (dua puluh juta rupiah) dengan perincian terlampir.
    5.        Panitia
    Susunan panitia perpisahan kelas IX tahun pelajaran 2014/2015 terdiri dari Komite sekolah, Kepala Sekolah, Unsur Guru/TU dan Siswa SMP Negeri 1 Ciamis Tahun pelajaran 2014/2015 dengan perincian terlampir.
    6.        Susunan Acara
    Acara dikategorikan menjadi dua, yaitu:
    1)      Acara Inti
    a.       Laporan akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan
    b.      Laporan prestasi akademik/nonakademik
    c.       Perpisahan siswa kelas IX
    2)        Acara Hiburan
    Acara hiburan akan diisi dengan pementasan kreasi seni & budaya yang terdiri dari:
    a.       Seni Musik
    b.      Seni Tari
    c.       Seni Teater
    d.      Band

    7.        Tempat Kegiatan
    Tempat kegiatan Perpisahan dilaksinakan di Kampus SMP Negeri 1 Ciamis, Jalan Jendral Sudirman No. 06 Ciamis.
    8.        Jadwal Pelaksanaan
    Kegiatan perpisahan ini Insya Allah akan di laksanakan pada:
    a.       Hari/Tanggal       : Senin, 15 Juni 2015
    b.      Waktu                 : 08.00 WIB s/d selesai.
    9.        Peserta Kegiatan
    Peserta perpisahan ini terdiri dari siswa SMP Negeri 1 Ciamis, yang dibedakan menjadi 2,  yaitu:
    a.       Peserta aktif, yaitu peserta yang berperan sebagai pengisi acara pementasan hiburan kreasi seni.
    b.      Peserta pasif, yaitu yang berperan sebagai penonton dan pendukung acara pementasan kreasi seni.
    3.2  Tata Tertib Kegiatan
    1.        Peserta wajib hadir 15 menit sebelum acara pembukaan dimulai.
    2.        Peserta diharapkan ikut berpastisipasi secara aktif dalam merumuskan dan memecahkan suatu masalah dengan menjaga agar suasana tetap kondusif dan teratur.
    3.        Panitia tidak menanggung pesanan priadi dalam bentuk apapun selama kegiatan ini berlangsung selain dari fasilitas yang telah ditentukan oleh panitia.
    4.        Peserta secara tertib mengisi tempat duduk yang sesuai dengan nomor kursi masing-masing (dengan/tanpa bimbingan panitia.)
    5.        Peserta wajib mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir dan dilarang untuk keluar dari lingkungan sekolah sebelum “Acara inti” dinyatakan selesai.
    6.        Peserta dilarang membawa/menggunakan senjata tajam, narkoba dan miras.
    7.        Peserta wajib menaati semua peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia.


    BAB IV
    PENUTUP
    Diharapkan dengan adanya acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ciamis dapat mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar semua warga sekolah.
    Untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan moral, materi dan partisipasi semua pihak agar acara dan kegiatan ini terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi siswa saat ini dan masa yang akan datang.
    Dari uraian singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan perpisahan dan pelepasan siswa kelas IX ini merupakan:
    1)      Tradisi akademik yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran.
    2)      Bentuk manifestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
    3)      Akuntanbilitas penyelenggaraan pendidikan selama  satu tahun kepada pemerintah, sekolah dan masyarakat.
    4)      Evaluasi kinerja, program dan prestasi baik akademik maupun nonakademik.
    5)      Bentuk apresiasi dan ekspresi kreatifititas seni budaya dan bangsa.
    6)      Peningkatan mutu sekolah dan peran serta masyarakat.
    Efektivitas peningkatan mutu dan prestasi sekolah tidak bisa dilepas dari peran serta masyarakat dan pemerintah. Reward dan koreksi dari masyarakat dan pemerintah sangat diharapkan guna memotivasi sekolah untuk meningkatkan mutu, pelayanan dan kinerja sekolah di masa yang akan datang.
    Program kegiatan ini diharapkan menjadi petunjuk umum bagi semua pihak yang berkepentingan khususnya bagi para peserta didik, sehingga program ini dapat berjalan baik dan lancar.

    Penjab Progran SKL Non Akademik


    AGUS SUKANDA, S.Pd.
    NIP. 19680927 199412 1 003
    Ciamis,    Juni 2015
    Ketua Pelaksana,


    Drs. KOMARUDIN
    NIP. 195812031986031008

    Mengetahui/Menyetujui
    Ketua Komite Sekolah




    ENDANG SUPRIATNA, S.H. M.Si.
    Kepala Sekolah,




    Dr. AGUS SUMANTRI, M.Pd.
    NIP. 196306261984031008

      




    Lampiran 1: Rencana Anggaran Biaya Perpisahan


    RENCANA ANGGARAN DANA PERPISAHAN DAN PELEPASAN
    SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 CIAMIS

    a.      Pendapatan
    Sumber dana Dari Komite Sekolah Sesuai Dengan RKAS = Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah)

    b.      Rencana Pengeluaran 

    No
    Nama Barang
    Volume
    Harga Satuan
    Jumlah
    1.
    Kesekertariatan

    a.       Porgram dan Laporan
    2 buah
    Rp.   50.000,-
    Rp.    100.000,-

    b.      Piagam
    100 buah
    Rp.     5.000,-
    Rp.    500.000,-

    c.       Transport pengiriman surat undangan
    1 keg
    Rp.   50.000.-
    Rp.      50.000.-

    Jumlah


    Rp.    650.000,-
    2.
    Publikasi Dekorasi Dan Dokumentasi

    a.       Spanduk Digital
    2 buah
    Rp.  150.000,-
    Rp.    300.000,-

    b.      Dekorasi
    1 keg.
    Rp.  700.000,-
    Rp.    700.000,-

    c.       Dokumentasi
    1 keg.
    Rp.  500.000,-
    Rp.    500.000,-

    Jumlah


    Rp. 1.500.000,-
    3.
    Konsumsi

    a.       Snack Orang Tua
    259 buah
    Rp.    10.000,-
    Rp. 2.590.000,-

    b.      Snack Tamu Undangan dan Guru
    175 buah
    Rp.    10.000,-
    Rp. 1.710.000,-

    c.       Snack Rapat persiapan
    1 keg.
    Rp.  464.000,-
    Rp.    464.000,-

    d.      Hidangan di Meja
    1 keg.
    Rp.  464.000,-
    Rp.    464.000,-

    Jumlah


    Rp. 5.228.000,-
    4.
    Perlengkapan

    a. Sewa Tenda
    1 keg
    Rp. 2.100.000.-
    Rp. 2.100.000.-

    b. Sewa Kursi
    1 keg
    Rp.    875.000
    Rp.    875.000.-

    c. Medali Lulusan
    259 siswa
    Rp.      13.000,-
    Rp. 3.367.000.-

    d. Medali Prestasi
    60 siswa
    Rp.      13.000.-
    Rp.     780.000.-

    Jumlah


    Rp. 7.122.000.--
    5
    Akomodasi,kesenian




    a .Akomodasi
    1 keg
    Rp. 1.000.000.-
    Rp. 1.000.000.-

    b. Prosesi seni
    1 keg
    Rp. 3.600.000.-
    Rp. 3.600.000.-

    c. Sewa Baju
    1 keg
    Rp.    250.000.-
    Rp.    250.000.-

    Jumlah


    Rp.  4.850.000.-
    6
     Lain-lain




    a. Honor Panitia Kegiatan
    1 Keg.
    Rp.    650.000.-
    Rp.    650.000.-

    Jumlah


    Rp.    650.000.-

    Jumlah Total
    Rp.  20.000.000.-





    Ketua




    Drs. KOMARUDIN
    NIP. 19630222 198902 1 001
    Ciamis,    Juni 2015
    Bendahara,




    ETI SUHARTATI, S.Pd.
         NIP. 196005151986032006

    Mengetahui/Menyetujui
    Ketua Komite Sekolah





    ENDANG SUPRIATNA, S.H. M.Si.
    Kepala Sekolah,





    Dr. AGUS SUMANTRI, M.Pd.
    Nip. 196306261984031008


    Lampiran 2:  Susunan Panitia Perpisahan Siswa Kelas IX

    KELOMPOK KERJA PERPISAHAN KELAS IX
    TAHUN PELAJARAN 2014/2015

    1.      Penanggungjawab                   : Dr. AGUS SUMANTRI,M.Pd
    2.      Wakil Penanggung jawab       : 2.1 AMAR, S.Pd,M.Pd
    2.2  DADANG M R, S.Pd
    3.      Penjab Program                       : AGUS SUKANDA, S.Pd.
    4.      Ketua                                      : Drs. KOMARUDIN
    5.      Sekretaris                                : SUMARDIANI, S.Pd
    6.      Bendahara                               : ETI SUHARTETI, S.Pd
    7.      Seksi- Seksi                             :
    1)      Seksi Acara                       :   a. Memet Priadi, S.Pd,M.Pd
        b. Dra. Lilim Halimah
    2)      Seksi Dekorasi                  :   a. Drs. Nana Sulriana
        b. Penjaga Sekolah
    3)      Seksi Pementasan              :   a. Cucu Muharam,S.Pd
    b. Aan Sukmana,M.Pd
    c.  Aris Mulyana
    4)      Seksi Peralatan                  :   a. Uyat Ruhiyat, S.Pd.
    b. Deni Herdiana, S.H.
    c. Penjaga Sekolah
    5)      Seksi Konsumsi                 :   a. Tjutju Supriatin,B.A
    b. Dra Esih Kurniasih
    c. Emin Karminah, S.Pd. Bio.
    d. Hj. Iis Hermayati, S.H.
    e. Eka Fitriani A.Md.
    6)      Seksi Penerima tamu         :   a. Yaya Zakaria, S.Pd. M.Pd.
    b. Aa Kustija, S.Pd.
    c. Sudarman,S.Pd
    d. Wiwin Harmila, S.Pd.
    e. Anita Sintawati, S.Pd.
    f. Risa Nurlina W. S.IP.
    7)      Seksi Keamanan                :   a. Tata Bahtiar,S.Ag
    b. Heri (SATPAM)
    c. Yayat (SATPAM)
    d. Yayat Hidayat (SATPAM)
    8)      Seksi Dokumentasi           :   Zoya Nouvanti Roupa





    Lampiran 3:  Susunan Acara Kegiatan Perpisahan Siswa Kelas IX



    SUSUNAN ACARA
    KEGIATAN PERPISAHAN DAN PELEPASAN SISWA KELAS IX
     TAHUN PELAJARAN 2014/2015


    1.   Pembukaan
    a.  Pembukaan oleh Pembawa acara
    b.  Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
    2.   Laporan Ketua Panitia
    3.   Kata-kata pepisahan dari :
    a.  Perwakilan siswa tingkat VII/VIII
    b.  Perwakilan siswa tingkat IX
    4.   Sambutan-Sambutan
    -         Kepala SMP Negeri 1 Ciamis
    -         Komite Sekolah
    -         Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis
    5.   Prosesi Seni (Upacara adat dan penyerahan STTB secara simbolik)
    6.   Pengumuman Hasil Prestasi belajar baik akademik maupun Non Akademik tahun pelajaran 2014/2015
    7.   Do’a
    8.   Tutup/ Hiburan



     

    No comments:

    Tautan

    Budaya dan Lingkungan

    Info Sekolah