• News

    08 June 2021

    Simak Tahapan PPDB di Ciamis, Warga Bandung bisa Daftar ke SMPN 1 Ciamis


    SMPN 1 Ciamis memberi peluang bagi tamatan SD/MI dari luar daerah Ciamis untuk menjadi siswa baru tahun ajaran 2021/2022 melalui jalur prestasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2021 di Ciamis.

    Jalur prestasi ini, bisa prestasi akademis maupun non akademis seperti prestasi olah raga, seni, teknologi dan hafalan al Quran (hafiz).

    “Untuk jalur prestasi ini tidak terbatas hanya bagi warga Ciamis, calon siswa dari luar Ciamis juga bisa daftar. Termasuk dari Bandung, luar Jawa Barat bahkan dari Sumatera juga bisa daftar,” ujar Kepala SMPN 1 Ciamis, Dr. H. Agus Sumantri Sihombing, M.Pd., kepada Tribun Selasa (8/6).

    Seperti tahun sebelumnya, PPDB 2021 di Ciamis untuk tahun ajaran 2021/2022 ini berlangsung secara online melalui web ppdb.disdik.ciamiskab.go.id.

    Menurut Agus Sumantri, untuk tahun ajaran baru 2021/2022, SMPN 1 Ciamis (Nesacis) akan menerima 288 siswa baru untuk 9 rombel kelas VII.

    Tahapan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2021 di Ciamis dimulai 28 Juni sampai 13 Juli. Pengumuman nama-nama siswa baru yang diterima tanggal 15 Juli.

    Daftar ulang tanggal 16-17 Juli yang kemudian dilanjutkan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS selama 3 hari mulai 19 Juli.

    “Hari pertama masuk sekolah tanggal 19 Juli langsung mengikuti MPLS,” katanya.

    MPLS pada tahun ajaran baru 2021/2022 di SMPN 1 Ciamis menurut Agus dilaksanakan secara Tatap Muka (TM) terbatas. Siswa baru datang ke sekolah, mengenal guru dan lingkungan sekolah secara langsung, tetapi dilakukan secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan (prokes secera ketat).

    Hal ini berbeda dengan MPLS tahun lalu yang dilakukan secara virtual, yakni siswa baru tidak datang ke sekolah karena pandemi, mereka mengenal guru dan lingkungan sekolah secara virtual.

    Setelah hampir setahun belajar secara online di rumah (daring), siswa baru tahun ajaran baru 2020/2021 tersebut baru mengenal lingkungan sekolahnya secara langsung saat dimulainya PTM (pembelajaran tatap muka) uji coba bulan April 2021. Mereka baru mengenal guru, teman sekelas dan lingkungan sekolahnya secara langsung.

    Menurut Kepala SMPN 1 Ciamis, Dr. H. Agus Sumantri Sihombing, M.Pd., ada empat jalur penerimaan siswa baru SMPN 1 Ciamis untuk tahun ajaran baru 2021/2022.

    Yakni melalui jalur seleksi zonasi (70% dari kuota) yang dimulai tanggal 28 Juni sampai 10 Juli. Kemudian jalur seleksi afirmasi/termasuk kuota siswa baru dari kalangan keluarga pra sejahtera (15%) mulai tanggal 28 Juni sampai 10 Juli.

    Jalur seleksi mutasi /orang tua pindah domisili (5%) dimulai tanggal 28 Juni sampai 10 Juli.

    Berikut jalur seleksi prestasi (10%) baik prestasi akademis maupun non akademis. Prestasi akademis didedikasikan bagi murid SD yang selalu juara kelas (juara I, II dan III) sejak kelas I sampai kelas VI baik SD maupun MI.

    Sedangkan prestasi non akademis, seperti prestasi di bidang olahraga, seni, maupun iptek (olimpiade), baik itu juara tingkat kabupaten, provinsi, nasional apalagi internasional, berikut prestasi hafalan Al Quran (hafiz).

    Khusus untuk hafiz, minimal hafal 10 juz baik bagi tamatan SD maupun MI yang dibuktikan dengan surat keterangan MUI setempat maupun Kemenag. Calon siswa baru siap membuktikan hafalannya.

    Untuk jalur prestasi akademis maupun non akademis ini menurut Agus, tidak mengenal zonasi. Calon siswa tamatan dari SD/MI yang berprestasi bisa mendaftar di SMPN 1 Ciamis.

    Tidak hanya tamatan SD/MI dari 27 kecaamatan yang ada di Kabupaten Ciamis, tetapi bisa dari luar Ciamis bahkan luar Jawa Barat.

    Jatah waktu pendaftaran calon siswa baru dari jalur prestasi ini hanya berlangsung selama 2 hari yakni 12-13 Juli.

    Sumber: TribunJabar.id

    No comments:

    Tautan

    Budaya dan Lingkungan

    Info Sekolah