• News

    19 August 2021

    Guru-guru Nesacis Ikuti Pelatihan Pembuatan Soal AKM dan Pengoperasian Akun belajar.id


    Guru-guru SMPN 1 Ciamis mengikuti Pelatihan Pembuatan Soal AKM dan Pengoperasian Akun belajar.id, pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 18-19 Agustus 2021, bertempat di lingkungan sekolah. Kegiatan yang diselenggarakan masih dalam suasana perayaan Kemerdekaan RI yang ke-76 ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, di antaranya memakai masker dan menjaga jarak.

    Sebagaimana diketahui, pada tahun 2021 ini, Ujian Nasional akan diganti menjadi Asesmen Nasional yang mengukur tiga komponen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Penerapan kebijakan tersebut diikuti dengan berbagai peningkatan kapasitas para tenaga pendidik di lapangan.

    Menyelaraskan dengan arah kebijakan dan mendukung kemampuan SMPN 1 Ciamis ke depan, pelatihan ini dirasakan penting untuk mendukung proses pendidikan di masa kekinian. Dengan adanya pelatihan, para pendidik menjadi lebih tercerahkan dan memahami update perkembangan terbaru, terutama dalam penggunaan teknologi informasi sebagai pendukung penting pembelajaran.

    Pelatihan menyampaikan hal-hal yang mendasar hingga spesifik, di antaranya mengenai perbedaan akun belajar.id dan akun google pribadi, serta pemanfaatan berbagai fitur pada laman tersebut. Penyampaian materi dilakukan oleh narasumber berpengalaman di dalam bidang tersebut.

    Mengutip laman belajar.id, Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

    Foto/info: Agus Sumantri Sihombing
    Editor: Admin01

    No comments:

    Tautan

    Budaya dan Lingkungan

    Info Sekolah