• News

    16 March 2023

    Diskusi Kelompok, Momen Penting Menggugah Daya Nalar dan Mengasah Retorika Siswa


    Diskusi kelompok merupakan salah satu metode belajar yang diterapkan di lingkungan SMPN 1 Ciamis (Nesacis). Cara ini dapat mengasah daya nalar siswa dalam menerima dan menelaah secara kritis terhadap sebuah materi pembelajaran, sekaligus melatih kemampuan retorika, sehingga setiap peserta didik dapat mengungkapkan pendapatnya dengan baik.

    Tak hanya bermanfaat mengarahkan para siswa untuk memahami materi pelajaran yang harus dipresentasikan, kegiatan diskusi kelompok juga menjadi kesempatan untuk melatih kemampuan mendengarkan sekaligus menghargai pendapat orang lain. Selanjutnya, para siswa dapat membangun argumentasi terbaik untuk menanggapi sebuah materi diskusi yang dikemukakan.


    Kamis (16/3/2023), telah berlangsung diskusi kelompok pelajaran IPS yang berlangsung di Kelas 8A, dengan materi atau tema bahasan “Pengaruh Kebijakan Kerja Paksa”. Setiap kelompok siswa diwajibkan menyampaikan presentasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kelompok lainnya.

    Kegiatan diskusi kelompok seperti ini dapat berlangsung menarik di bawah bimbingan dan arahan guru pengajar mata pelajaran, dengan memberi keleluasaan sepenuhnya kepada para siswa dalam mengembangkan daya kritis dan retorika ketika bertukar pendapat. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana penting dalam membentuk karakter siswa, dan pengalaman yang didapatkan akan menjadi bekal penting mereka di masa depan.

    Sumber: Dang Q
    Editor: Yuska

    No comments:

    Tautan

    Budaya dan Lingkungan

    Info Sekolah