• News

    07 February 2022

    Melongok Masjid An-Nur SMPN 1 Ciamis Tercinta di Tahun 2022


    Bangunan Masjid An-Nur SMPN 1 Ciamis akan langsung terlihat berada di bagian kiri, seusai melewati pintu gerbang depan, ketika memasuki kawasan sekolah. Bangunan yang diresmikan langsung oleh Bupati Ciamis pada tahun 2015 ini merupakan salah satu kebanggaan keluarga besar Nesacis, dengan fungsi penting dan mulia yang dimilikinya.


    Tak hanya digunakan untuk melakukan ibadah, seperti salat sunat dan wajib di dalamnya, masjid ini juga digunakan untuk berbagai kegiatan yang bermanfaat dan menjadi bagian dari pendidikan untuk para siswa Nesacis. Begini kondisinya di awal Februari 2022, dengan lantai tanpa karpet, sesuai protokol kesehatan yang masih diberlakukan saat ini.


    Suasana yang tenang, dengan kebersihan dan kerapian yang selalu terjaga, menjadi keniscayaan untuk mendukung fungsi Masjid An-Nur sebagai sarana ibadah bagi para jamaahnya. Terlebih lagi, kebersihan merupakan sebagian dari iman, sebuah ajaran mulia yang patut menjadi pedoman dalam memakmurkan Masjid An-Nur tercinta.


    Seiring pemberlakuan protokol kesehatan di masa pandemi, pengaturan di area berwudu pun terlihat di Masjid An-Nur SMPN 1 Ciamis. Terdapat penanda silang untuk mengkondisikan siswa saling menjaga jarak sesuai aturan yang diterapkan. Pengaturan ini dahulu mungkin tidak pernah terpikirkan, tetapi kondisi yang memaksa menyebabkan pengaturan sedemikian rupa, untuk kebaikan bersama.


    Salah satu bagian yang sering menjadi keluhan para jamaah di mana saja, adalah kebersihan di toilet atau kamar kecil. Hal ini menjadi perhatian utama dari pengurus atau takmir Masjid An-Nur. Terlebih lagi, masjid ini berada di area pendidikan. Karenanya, kebersihan toilet putra dan putri di masjid ini mendapat perhatian ekstra, agar selalu layak dan nyaman bagi para jamaah yang menggunakannya.

    No comments:

    Tautan

    Budaya dan Lingkungan

    Info Sekolah